Kamis

Kapan Terjadi Kiamat hanya Allah yang tahu..!!!

Kiamat merupakan hari berakhirnya masa kehidupan dunia dan awal mulanya perjalanan menuju kehidupan akhirat baik surga ataupun neraka tergantung amalan yang telah diperbuat di dunia.Tentang saat-saat terjadinya hari yang besar itu (kiamat) kita sebagai seorang muslim telah diberitahukan didalam Al-qur’an dan Al-Hadits betapa dahsyat serta huru haranya pada saat itu. Dimana gunung-gunung akan hancur, air laut akan meluap dan juga anak akan melupakan orang tua juga orang tua melupakan anaknya di karenakan untuk menyelamatkan diri sendiri atau menghindar dari kejadian tersebut.

Dan kapan hari berakhirnya dunia itu..???. Pertanyaan ini sering sekali kita lontarkan meskipun didalam hati. Mengenai kapan terjadinya kiamat hanya Allah yang mengetahuinya..

“Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang hari kiamat”. Kapan terjadinya?. Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu ada pada tuhanku, tidak ada (seorangpun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang dilangit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.
“Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya”. Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahuinya”. (QS. Al-A’raf : 187)

Disini sudah jelas kita sebagai seseorang yang beriman yang mempercayai firman Allah tidak sepatutnyalah kita mempercayai manusia yang meramalkan waktu terjadinya hari kiamat, karena pengetahuan tentang terjadinya kiamat hanya Allah yang mengetahuinya bahkan Rasulullah pun tidak mengetahuinya, hanya saja kita diberitahu tanda-tanda akan terjadinya kiamat yaitu berupa tanda-tanda kecil yang sekarang ini sudah terlihat yang contohnya semisal terjadinya bencana alam, kemaksiatan merajalela dan lain sebagainya yang semuanya sudah terlihat tinggal saja kita menunggu tanda-tanda besarnya terjadi kiamat, semisal lagi keluar Dajjal, kaum ya’jud ma’jud, dan yang lainnya.

Maksud penulis membuat artikel ini, agar kita sebagai orang yang beriman tidak mudah ter provokasi oleh isu-isu orang yang menyatakan mengetahui kapan pasti terjadinya kiamat itu. Walaupun tanda-tanda akan datangnya hari kiamat sekarang ini sudah mulai bermunculan tetapi dengan iman saya mengatakan hanya Allah lah yang mengetahui kapan pasti terjadinya. Tugas kita sekarang ini hanyalah mempersiapkan kedatangan hari kiamat tersebut baik kiamat kecil (kematian) maupun kiamat besar (hancurnya dunia) yaitu dengan cara lebih memperbanyak ibadah dan amalan kita di dunia ini.

WASALLAM SEMOGA BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA